perkembangan otak anak
perkembangan otak anak

Ragam aktivitas yang berupa kegiatan yang tepat bagi anak, tentunya dapat membantu perkembangan otak anak agar lebih maksimal. Adapun beragam aktivitas yang dimaksud adalah sebagai berikut : 

  • Mempelajari berbagai bahasa

Dengan mempelajari berbagai bahasa, ternyata dapat terbukti efektif dalam meningkatkan potensi sel-sel otak anak dalam memahami sesuatu dalam waktu yang singkat. Mengapa ini bisa terjadi? Karena jika si kecil sudah bisa menguasai lebih dari satu bahasa,  maka sel-sel pada otaknya akan lebih kuat dalam pemilihan bahasa yang akan ia akan ucapkan saat mau berbicara.

perkembangan otak anak

  • Mempelajari musik

Untuk meningkatkan kekuatan pemrosesan pada sel-sel pada otak anak, sejatinya dapat direalisasikan dengan cara mempelajari musik. Baik itu dengan cara bermain alat musik secara langsung, atau bisa dengan cara membiasakan sikecil mendengarkan musik, terserah mom mau memilihkan metode yang mana.

  • Mengenalkan sikecil pada hal-hal baru

Penting sekali bagi mom untuk mengenalkan sikecil pada hal-hal baru yang berada disekitarnya. Karena dengan demikian akan secara tidak langsung akan membuat sel-sel otak anak akan mudah terkoneksi, dan perkembangan otak anak nya sendiri akan tumbuh secara pesat. Hal termudah bagi si kecil yang  belum bisa bicara, mom bisa menunjukan suatu barang sambil mengucapkan nama barang tersebut. Bila sudah kehabisan bahan pun, mom bisa sering-sering mengajak si kecil bermain di luar rumah.

  • Melakukan berbagai aktivitas fisik

Aktivitas fisik yang bisa mom ajarkan kepada sikecil adalah dengan melakukan olahraga yang sifatnya ringan. Karena anak yang memiliki kondisi fisik bugar, biasanya akan lebih mudah untuk fokus dan terampil dalam pemecahan masalah.

  • Memberikan waktu tidur yang cukup

Melakukan berbagai aktivitas fisik memang banyak manfaatnya untuk membantu perkembangan otak anak si kecil. Namun, jika dilakukan secara berlebihan maka imabasnya akan lari kepada kerusakan saraf dan fungsi otaknya itu sendiri. Dengan demikian mom, berikan si kecil ini mempunyai porsi waktu tidur yang cukup, karena pada saat si kecil tidur ini, juga sejatinya dapat membuat sel-sel baru pada saraf otak anak, yang akan berdampak pada daya ingat si kecil yang baik.