Rumah sendiri menjadi pilihan banyak orang untuk mendapatkan hunian yang terbaik dan nyaman. Sebelum mewujudkan hal tersebut, tentu anda harus mengetahui cara hitung biaya bangunan rumah. Hal tersebut bertujuan agar biaya yang dikeluarkan untuk bangun rumah tidak melenceng sehingga tidak mengakibatkan dana membengkak.

Selain itu, melakukan perencanaan matang mengenai anggaran saat membangun rumah sangat penting untuk memonitor penggunaan biaya. Membuat anggaran biaya rumah juga bertujuan untuk memantau harga material dan biaya tukang yang akan mengerjakan. Dengan begitu, anda bisa memperkirakan total anggaran yang diperlukan untuk membangun rumah idaman anda.

cara hitung biaya bangunan rumah
Cara hitung biaya bangunan rumah

Cara hitung biaya bangun rumah dapat membantu kita dalam memiliki patokan perhitungan biaya yang jelas dan tepat. Mencatat setiap detail mulai dari desain, harga bangunan, serta tarif pekerja harian atau borongan sangatlah diperlukan. Namun sebelum itu, ukuran dan desain rumah harus anda tentukan terlebih dulu.

Harus diketahui bahwa ukuran rumah tidak sama dengan luas tanah yang digunakan. Jadi, ukuran rumah dan keseluruhan luas harus benar-benar diperhitungan dengan teliti dan cermat. Bila sudah mengetahui secara detail, maka perhitungan yang dilakukan bisa semakin akurat.

Salah satu cara perhitungan anggaran bangun rumah dapat anda lakukan dengan menghitung per meter persegi. Anda dapat menghitung setiap detail seperti untuk material bagian dinding, langit-langit, lantai, serta keperluan finishing. Kedua perhitungan anggaran di atas, yaitu ukuran rumah dan anggaran per meter persegi dapat membantu memperkirakan berapa total anggaran biaya bangun rumah hingga selesai berdiri.

Seperti misalnya dengan luas 300 m2 dan biaya bangun per meter persegi adalah Rp. 4.000.000 yaitu:

Anggaran yang dibutuhkan = luas X biaya bangun per meter persegi

= 300 m2 X Rp. 4.000.000

= Rp. 1,2 miliar

Perkiraan membangun rumah (termasuk bahan bangunan dan biaya pengerjaan) untuk tipe sederhana adalah Rp2,5 juta – Rp 3 juta, rumah menengah Rp3,5 juta – Rp4 juta, sedangkan rumah mewah adalah Rp5 juta. Perkiraan perhitungan anggaran membangun rumah umumnya dimulai dari:

  • Tahap persiapan (membersihkan lahal dan kedatangan material)
  • Pondasi (menggali tanah, memasang pondasi dan urugan tanah)
  • Struktur beton bertulang, pembangunan dinding, rangka atap, finishing atap rumah, plafon, lantai, instalasi listrik dan plumbing, serta pengecatan dan finishing rumah.

Selain mengetahui cara hitung biaya bangun rumah, anda juga perlu menentukan material berkualitas untuk bahan bangunan rumah anda. Seperti semen tiga roda yang dilengkapi dengan formula mastertech yang membuat bangunan kokoh, awet dan terpercaya. Semen tiga roda menghadirkan berbagai produk material bahan bangunan berkualitas.