ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder merupakan gangguan perkembangan yang membuat anak sulit untuk fokus atau memusatkan perhatian pada satu hal. Anak hiperaktif adhd ini pada umumnya tidak bisa diam dan ingin terus bergerak meskipun sudah melakukan aktivitas.

Jadi ketika seorang anak sedang makan, mereka yang hiperaktif akan bergerak mencari aktivitas lain yang dinilai menarik. Gangguan perkembangan ADHD ini memang tidak bisa disembuhkan dengan pengobatan medis.

Namun Ibu tetap bisa mengontrol kondisi anak dengan melakukan pendampingan yang benar. Berikut ini adalah cara mendampingi anak dengan ADHD yang bisa Anda ikuti:

Cari Tahu Informasi Mengenai ADHD

Anak hiperaktif adhd
Anak hiperaktif adhd

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu informasi seputar ADHD. Ketika Anda sudah mengenal apa itu ADHD maka Anda akan lebih paham bagaimana cara menghadapi dan mendampingi anak dengan baik.

Ciptakan Kehidupan yang Terstruktur

Anak hiperaktif ADHD tidak bisa fokus dan sabar sehingga Anda harus menciptakan kehidupan yang terstruktur untuk mereka. Jangan terlalu kaku, Anda hanya perlu menentukan waktu mandi, makan, bermain, serta makan, kemudian pastikan mereka melakukannya sesuai jadwal.

Berikan Kasih Sayang Penuh

Kasih sayang dan perhatian penuh merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh anak dengan ADHD. Berikan pujian kepada anak jika mereka berhasil melakukan atau membantu Anda mengerjakan sesuatu. Dengan cara ini, anak bisa lebih percaya dan mulai mendengarkan Anda.

Ajak Aktivitas Bersama

Ajak aktivitas bersama di siang hari, misalnya seperti olahraga, berkebun, atau bermain musik. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat membantu meningkatkan fokus dan kesabaran anak. Namun usahakan untuk tidak memberikan aktivitas terlalu berat saat mendekati jam istirahat.

Bina Hubungan Keluarga yang Baik

Hubungan di dalam keluarga sangat berperan untuk membantu mengontrol perilaku hiperaktif anak. Usahakan Ibu dan Ayah selalu berkomunikasi secara sehat dengan anak. Tanggapi dengan sabar dan tenang saat mereka mengajak berbicara.

Itulah cara mendampingi anak hiperaktif ADHD yang bisa Anda ikuti. Jangan menyerah terlebih dahulu dengan sikap hiperaktif anak karena mereka membutuhkan dukungan dari Anda. Mintalah bantuan dari keluarga atau teman apabila Anda merasa kewalahan mengurus mereka. Jangan lupa juga untuk memenuhi nutrisi yang mampu membantu tumbuh kembang anak, salah satunya yaitu dengan memberikan susu Dancow Gum.