Perhiasan Berlian Asli
Perhiasan Berlian Asli

Wanita sangat erat kaitannya dengan perhiasan karena dinilai sebagai nilai tambah untuk setiap penampilannya. Sementara itu, berlian merupakan pelengkap untuk membuat perhiasan terlihat lebih menarik. Nah, berlian yang digunakan dalam perhiasan sangatlah beragam, baik dari bentuk, ukuran maupun warnanya. Sebagai tambahan informasi bagi Anda yang gemar koleksi perhiasan berlian asli, berikut jenis-jenis berlian yang perlu dipahami.

Jenis-Jenis Berlian Asli

Perhiasan Berlian Asli
Perhiasan Berlian Asli

Pada umumnya, berlian adalah sebuah logam mineral yang berbentuk kristal. Logam ini memiliki ikatan karbon yang panjang dan kuat oleh tekanan besar selama pembentukan nya sehingga memiliki ketahanan tinggi, baik terhadap goresan maupun benturan. Berlian terdiri atas beberapa warna seperti bening, merah, merah muda, cokelat, ungu, hitam maupun hijau. Di antara beberapa warna tersebut, berlian merah lah yang dijual dengan harga mahal karena langka.

Dalam perhiasan, berlian menyuguhkan kesan mewah pada pemakainya. Berlian yang memiliki warna jernih memiliki harga yang lebih mahal. Secara garis besar, jenis-jenis berlian dibedakan menjadi 4 yaitu:

  • Berlian IA

Berlian IA adalah berlian dengan kandungan nitrogen bergerombol. Berlian ini 95% asli dari alam dan biasanya berwarna bening kekuningan. Umumnya, berlian jenis ini disebut sebagai Cape Diamond (berlian cape). Penamaan ini didasarkan atas lokasi temuannya yang terletak di Afrika Selatan, tepatnya Cape Town.

  • Berlian IIA

Berlian IIA adalah jenis berlian yang di dalamnya hanya terdapat ikatan karbon. Jadi, berlian ini tidak mengandung zat sisa seperti boron maupun nitrogen. Berlian jenis ini tersedia dalam beberapa warna seperti bening, kuning muda, abu-abu, pink atau cokelat muda.

  • Berlian IB

Berlian IB merupakan jenis berlian yang mengandung nitrogen. Berbeda dengan jenis IA, kandungan nitrogen berlian ini tersebar secara merata. Berlian ini biasanya berwarna kuning cerah. Diantara semua jenis berlian, berlian IB paling sulit ditemukan.

  • Berlian IIB

Berlian IIB adalah jenis berlian yang mengandung zat sisa berupa boron. Berlian ini memiliki daya hantar arus listrik yang baik. Berlian IIB biasanya berwarna abu-abu atau biru.

Rekomendasi Perhiasan Berlian Yang Asli

Sebenarnya, kualitas berlian bisa dilihat dari berbagai faktor seperti bentuk pemotongan atau asahan, kejernihan, warna, berat carat hingga keasliannya. Berlian yang bagus umumnya memiliki asahan yang mampu memantulkan cahaya secara sempurna. Sementara untuk kejernihannya, semakin jernih maka kualitas berlian akan semakin baik.

Keaslian berlian bisa dilihat dari proses pembuatan nya apakah terbentuk secara alami di kerak bumi atau berupa berlian sintesis yang dibentuk melalui laboratorium. Nah, keaslian ini seringkali membuat para pembeli rugi ketika ternyata yang dibeli adalah berlian sintesis karena tidak semua pedagang menyampaikan hal tersebut dengan baik. Untuk itu, sangat penting memilih toko perhiasan berlian asli.

Salah satu rekomendasi tempat jual perhiasan dengan berlian asli yang bisa dijadikan referensi yaitu Mondial Jeweler. Tidak hanya menjamin keaslian berlian, di sini tersedia berbagai perhiasan dengan bentuk berlian yang menarik, salah satunya Mondial Excellent Cut. Cincin ini memiliki berlian dengan pola abstak berbentuk bunga. Pada salah satu sisi cincin disematkan berlian bulat yang dikelilingi berlian berukuran kecil di sekitarnya sehingga terlihat seperti bunga.

Selain cincin, Modal Jeweler juga menyediakan beragam perhiasan dengan sentuhan berlian lainnya seperti anting maupun kalung. Berlian yang ditawarkan juga tidak hanya berlian bening, melainkan ada juga warna-warna lain yang memikat hati.

Nah, demikian tadi ulasan lengkap terkait jenis-jenis berlian yang digunakan dalam perhiasan berlian asli beserta rekomendasi tokonya. Semoga bermanfaat dan selamat berbelanja.