Kesehatan kulit
Kesehatan kulit

Kesehatan kulit memang harus diperhatikan bagi siapapun. Pasalnya kesehatan kulit menjadi hal yang sangat penting bagi penampilan kita. Memiliki kulit yang sehat dan indah tentunya adalah harapan semua orang, terutama kaum wanita. Bahkan beberapa orang rela mengeluarkan biaya berapapun untuk melakukan perawatan pada kulitnya.

Kesehatan kulit yang terganggu tentunya akan sangat mengganggu penampilan, untuk itu seharusnya kita menjaga kesehatan kulit dengan baik. Perlu Anda ketahui, bahwa sebenarnya permasalahan pada kesehatan kulit sebenarnya sering disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari justru menyebabkan munculnya berbagai permasalahan pada kulit.

Iya ada beberapa kebiasaan yang dapat membuat kulit kurang sehat, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Kurang tidur

Nah tau kah Anda jika kurang tidur juga sangat berpengaruh bagi kesehatan kulit? Saat seseorang sedang tidur, sel sel tubuh pun bergenerasi. Nah ketika Anda kurang mendapatkan waktu untuk tidur, maka yang terjadi adalah sel – sel kulit dapat berhenti. Iya kurang tidur pada umumnya akan mengakibatkan lingkaran hitam, kerutan, kemerahan, sehingga kulit terlihat tampak lebih tua.

Selain bermanfaat untuk pemulihan energi dan kesegaran tubuh, tidur juga memiliki dampak yang penting bagi sel kulit untuk mengalami proses regenerasi sehingga dapat memunculkan penuaan dini. Nah untuk menjaga kesehatan kulit, pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup yakni sekitar 7 sampai dengan 9 jam perhari agar kulit tetap sehat dan berseri.

2. Mengkonsumsi alkohol

Alkohol dapat berperan sebagai diuretik dan dapat mempengaruhi hormon vasopresin sehingga mengakibatkan dehidrasi kulit. Alkohol dapat menghamal produksi vasopresin sehingga tubuh tidak dapat menyerap kembali air yang dibutuhkan. Nah hal inilah yang dapat membuat kulit menjadi terlihat lelah dan pucat, biasanya juga disertai dengan garis-garis halus, pori-pori tampak jelas, kerutan, dan lain sebagainya.

3. Banyak minum soda

Tahukah bahwa soda memiliki pemanis yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit? Iya kandungan di dalam soda mengakibatkan pengaruh pada kadar insulin, meningkatkan peradangan, serta dapat mengubah komposisi bakteri baik di dalam usus.

Nah tingkat pada insulin yang tinggi inilah yang dapat menjadi penyebab utama ketidak seimbangan hormon dan gangguan kulit salah satunya adalah jerawat. Nah pemanis yang terdapat pada soda juga dapat mengganggu keseimbangan gula darah sehingga nantinya dapat memicu gangguan pada kulit.

4. Mandi dengan air yang terlalu panas

Mungkin banyak yang berifikir bahwasannya mandi dengan air panas dapat membunuh kuman dan dapat membantu melemaskan otot-otot. Namun faktanya tidak begitu, justru mandi dengan air panas bukanlah kebiasaan yang baik untuk kulit.

Air panas dapat mengurangi minyak alami pada kulit, sehingga dapat mengakibatkan kulit menjadi kering dan berpotensi menyebabkan kuman pada kulit berkembang biak. Nah untuk itu lebih baik Anda mandi dengan air hangat dan jangan terlalu panas.

5. Tidak rajin membersihkan kulit

Nah kalau yang ini sudah jelas, bahwa tidak rajin membersihkan kulit dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit. Untuk itu, pastikan Anda membersihkan kulit secara teratur sehingga kesehatan kulit Anda pun terjaga.

Bersihkan muka sebelum tidur agar kotoran-kotoran yang menumpuk pada sel kulit wajah dapat hilang. Mandi dengan rutin juga dapat membantu menyingkirkan debu, kotoran, serta kuman penyebab penyakit yang menempel pada kulit.

Nah untuk sobat nih yang ingin memiliki kulit sehat dan indah, pastikan sobat semua jaga kesehatan kulit dan hindari hal-hal tersebut. Oke sob, demikian dulu ya semoga bermanfaat.