belajar progresif
belajar progresif

Proses pendidikan yang baik adalah proses pendidikan yang tidak hanya berpusat kepada guru dan dilakukan secara tradisional semata. Kegiatan pendidikan seharusnya memberikan kebebasan kepada anak didik dalam belajar tidak melakukan pembelajaran secara otoriter. Pembelajaran yang bersifat otoriter justru akan membatasi potensi yang dimiliki anak, karenanya muncul metode belajar progresif.

Dilihat dari perkembangan kegiatan pendidikan pada saat ini juga dapat masuk ke dalam aliran filsafat pendidikan progresivisme yang mana di dalam aliran ini menekankan pada pengembangan atau progres yang hendak atau akan didapat anak melalui proses pembelajaran. Yang mana dalam kegiatan pembelajaran tidak hanya penyampaian materi yang dilakukan secara traditional tetapi juga membuat anak melakkuan aktivitas dalam melatih kemampuan.

Contoh Penerapan Belajar Progresif Pada Anak

Untuk menerapkan metode progresif ini anak akan mendapatkan materi belajar dari beberapa jenis permainan. Hal ini khususnya pada pembelajaran untuk anak usia dini. Di sini pengajar yang berfungsi sebagai fasilitator dituntut untuk menjadi guru yang sangat kreatif agar bisa menyampaikan materi dengan cara yang asyik dan menarik sehingga anak tidak merasa bosan dan materi bisa diingat.

Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa diterapkan bagi Anda yang ingin menerapkan metode belajar progresif untuk anak usia dini.

  • Lengkapi ruang kelas dengan media-media yang akan digunakan dalam pembelajaran di kelas. Secara tidak langsung hal ini membuat anak antusias.
  • Penataan tempat duduk sesuai dengan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan di hari itu. Satu yang bisa guru terapkan adalah mengubah posisi penataan tempat duduk di kelas secara berkala.
  • Pembelajaran tidak akan membosankan jika kelas di dekorasi dan dihias dengan berbagai hiasan kelas dan dekorasi kelas yang menarik. Guru bersama dengan siswa dapat menggunakan dekorasi kelas dan hiasan kelas yang beragam. Seperti hiasan dari kertas origami, kertas krep, balon, sedotan, poster, dan lain sebagainya.

Nah itu dia beberapa tips yang bisa Anda coba lakukan pada kelas Anda agar bisa menerapkan metode belajar progresif.