Melihat beberapa tahun kebelakang, batu akik menjadi salah satu perhiasan yang disukai oleh banyak kalangan, baik di kalangan orang tua maupun kalangan anak muda. Batu akik bukan hanya memiliki keindahan dan kelangkaannya saja, pasalnya batu akik juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan energi positif di dalamnya. Karena semakin banyak dicari oleh para pecinta batu alam atau batu akik, maka tak jarang juga para penjual melakukan penipuan dengan batu akik palsu.

Namun, sekarang kamu nggak usah takut tertipu lagi, sebab kali ini kami telah merangkum 5 hal penting  yang harus diperhatikan sebelum membeli batu akik agar tidak mudah tertipu. Caranya gampang banget kok, ikuti terus tips di bawah ini ya!

  1. Perhatikan Ciri-ciri dan Kejernihan Batu Akik

sumber: pinterest

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum membeli batu akik adalah dengan memperhatikan ciri-ciri dan kejernihannya. Untuk mengetahui itu semua, kamu hanya perlu membawa senter kecil dengan tingkat kekuatan cahaya yang tinggi dan terang. Biasanya, batu akik asli ketika disorot dengan senter akan menampakan cahaya yang bening, jernih dan adanya serat halus yang alami. Jika seratnya tidak terlihat alami seperti batu buatan, maka kamu harus berhati-hati.

2. Perhatikan Suhu pada Batu Akik

sumber : maxmonroe

Umumnya, batu akik memiliki suhu yang dingin. Agar kamu bisa tahu batu tersebut asli atau tidak, gampang banget kok caranya! Kamu hanya perlu menempelkan batu akik pada pipi atau leher. Apabila batunya terasa dingin dan mak nyes, bisa dipastikan batu tersebut adalah asli. Namun, jika batu akik terasa hangat, sebaiknya kamu patut mencurigainya.

3. Perhatikan Volume atau Berat Batu Akik

sumber : pinterest

Batu akik memiliki volume atau berat yang berbeda dari batu lainnya. Itu sebabnya, kamu bisa langsung membandingkan antara batu akik asli atau batu akik palsu dengan lebih mudah. Selain itu, batu akik asli juga memiliki tekstur yang berbeda dengan batu buatan.

4. Cobalah untuk Benturkan Batu Akik dengan Batu lainnya

sumber : pinterest

Kalau kamu seorang pemula yang ingin mengoleksi batu akik, cobalah untuk ikuti tips yang satu ini yaitu, dengan membenturkan batu akik yang ingin kamu beli. Caranya cukup mudah, pinjamlah batu akik asli dari temanmu. Lalu benturkanlah batu yang ingin kamu uji atau yang ingin dibeli dengan batu akik yang asli. Jika kedua batu tersebut mengeluarkan percikan cahaya, ada kemungkinan besar batu tersebut merupakan batu akik asli. Ada baiknya jika kamu melakukannya di tempat yang minim cahaya atau gelap, karena efeknya akan lebih terlihat dan terasa.

5. Ajaklah Teman Yang Sudah Ahli atau Lebih Mengerti

sumber : ceritamedan

Langkah terakhir yang harus kamu perhatikan adalah dengan mengajak teman yang sudah ahli dan lebih mengerti tentang batu akik. Sebab, dengan semakin banyaknya batu akik yang beredar akan sangat memungkinan adanya penipuan yang disengaja atau para penjual yang kurang memahami tentang batu akik tersebut.

Dengan menggunakan sifat alami batu akik di atas adalah salah satu kunci dalam menguji keaslian batu akik tersebut agar kamu terhindar dari penipuan. Atau kalau kamu ingin membeli batu akik asli secara online kamu bisa kok membelinya di salah satu e-commerce terbesar seperti, Shopee. Tapi kamu harus ingat, belilah dari penjual yang sudah memiliki sertifikat terpercaya dan memiliki data yang lengkap.

Well, itulah beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli batu akik. Gimana? Caranya gampang kan? So, kamu nggak usah takut tertipu lagi, ya!