resep makanan tradisional

Ketupat, ketupat atau tipat merupakan salah satu resep makanan tradisional khas Indonesia yang terbuat dari beras dan pengganti nasi dengan lauk dan sayur tambahan lainnya. Tekstur dan rasanya sama persis dengan lontong yang memang sama sama terbuat dari beras.

Perbedaanya sebenarnya hanya terletak di cara membuat ketupat, cara membungkus dan bentuknya saja. Makanan ini nikmat sekali untuk disajikan bersama opor ayam, resep rendang daging, sayur labu siam ataupun resep masakan sehari hari khas negara kita lainnya. Walaupun terbuat dari beras, tetapi tekstur dan aroma ketupat ini berbeda jauh lho dengan saudara kembarnya yaitu nasi.

resep makanan tradisional
resep makanan tradisional

Cara membuat ketupat sekilas memang kelihatannya sangat mudah dan sederhana. Tetapi kalau sudah mencobanya tanpa tahu rahasia dan teknik cara bikin ketupat pasti banyak yang gagal. Memang walaupun makanan terbuat dari beras ini hanya digunakan sebagai pelengkap ketupat sayur, lontong sayur, opor, sate dan aneka resep masakan Indonesia sehari hari.

Tetapi dibutuhkan beberapa tips cara masak ketupat khusus supaya tekstur nanti tidak terlalu keras sehingga mengurangi kelezatannya. Atau malah nanti malah terlalu lembek seperti bubur karena terlalu banyak air atau salah saat mencucinya.

Dalam membuat resep makanan tradisional ini pertama tentu saja beras sebagai bahan dasar yang dipilih yang berkualitas bagus dan bersih. Bisa menggunakan beras yang beraroma wangi seperti mentik atau beras pulen yang biasa. Rendam beras yang sudah dicuci bersih terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke bungkus janur ketupatnya selama 1/2 jam sampai 3 jam.

Beras yang sudah direndam di atas harus ditiriskan terlebih dahulu supaya nanti tekstur ketupatnya tidak lembek dan empuknya pas. Janur atau bungkus ketupatnya sebaiknya sebelum digunakan juga direndam kedalam air minimal 1/2 sampai 1 jam lalu tiriskan sampai kering. Kalau membelinya, pilih yang bentuknya agak memanjang dan rapat supaya nanti rapi jadinya.

Panci yang digunakan untuk memasak ketupatnya pilih yang ukurannya besar supaya nanti bisa mengembang dan matang sempurna. Jangan terlalu banyak mengisi beras kedalam bungkus janurnya supaya bisa mengembang dan tidak terlalu keras.

Sesuaikan saja dengan beras yang digunakan, 1/3 bagian untuk beras biasa atau kurang lebih isi sampai 2/3 bagian kalau menggunakan beras yang empuk dan pulen. Pastikan janurnya menutup dengan rapat dan rapikan supaya tidak keluar. Tambahkan air kedalam panci kalau berkurang dan selalu pastikan semua bagian ketupatnya terendam. Itulah beberapa resep makanan tradisional ketupat yang bisa Anda coba.

Dalam membuat resep makanan tradisional ini pertama tentu saja beras sebagai bahan dasar yang dipilih yang berkualitas bagus dan bersih. Bisa menggunakan beras yang beraroma wangi seperti mentik atau beras pulen yang biasa.