tahapan berbisnis
tahapan berbisnis

Setiap orang tentu memiliki tujuan masing – masing bila akan memutuskan dalam membuka bisnis. Tujuan – tujuan itu menjadi salah satu pemicu semangat untuk membuka bisnis. Apalagi bagi para pelajar yang baru lulus tingkat SMA atau SMK maka tentu berpikirnya dengan bisnis maka bisa membiayai untuk  bisa kuliah di universitas yang mereka inginkan. Apalagi memang susahnya mencari pekerjaan menjadi hambatan tersendiri bagi orang yang memiliki penghasilan. Makanya bisnis bisa menjadi solusi yang tepat agar segala tujuan yang inginkan bisa tercapai. Namun tentu perlu memiliki pengetahuan dalam bisnis khususnya dalam tahapan berbisnis yang harus dilakukan oleh setiap pemula.

Apapun bisnis yang hendak ingin dilakukan maka tentu harus memikirkan apa saja yang harus dipersiapkan sebagai tahapan berbisnis pada umumnya. inilah yang harus diperhatikan sebelum memulai suatu bisnis sebagai salah satu tahapan yang harus dilalui diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Lokasi bisnis

Memiliki lokasi bisnis ini menjadi yang terpenting karena akan memberikan ide dalam menentukan jenis usaha yang akan anda jalankan. Makanya lihat lokasi bisnis yang akan anda bidik dari segi apapun keramaian, berpotensi atau tidak, penduduknya dan sebagainya sehingga akan menunjang bisnis anda ke depannya.

2. Modal

Mau tidak mau modal ini menjadi awal yang harus dipersiapkan baik dari menyisihkan gaji ataupun dengan cara yang lainnya baik itu mencari pinjaman ataupun menjadi mitra bisnis. asalkan modal ini sudah cukup untuk menunjang segala kebutuhan awal yang diperlukan maka itu sudah cukup. Walaupun memang harus ada dana cadangan sebagai persiapan ketika terjadi hal yang tidak diinginkan ataupu yang diperlukan.

3. Menentukan strategi dalam berbisnis

Strategi ini penting untuk keberlangsungan bisnis yang anda tekuni agar pelanggan tetap memilih produk yang anda jual dan yang paling penting bisa menarik pelanggan baru. Sebagai langkah awal memang perlu adanya promo dan diskon untuk menarik itu semua.

4. Berani membuat keputusan

Jangan salah dalam bisnis ada resiko besar yang harus ditempuh sehingga harus berani mengambil keputusan sesuai dengan kebutuhan.

5. Membuat jaringan bisnis

Hal ini dilakukan untuk mengembangkan bisnis seluas-luasnya sehingga bisnis yang dijalankan bisa bertahan lama dan berkembang dengan baik.