cemilan tradisional indonesia

Seperti yang kita ketahui bahwa Negara Indonesia sangat kaya. Bukan hanya alam dan kebudayaannya, tetapi juga kulinernya, karena setiap daerah selalu memiliki ciri khas makanan yang memang enak dan lezat, termasuk nama makanan yang memang selalu unik dan bikin penasaran. Salah satu kekayaan kuliner Indonesia terlihat dari aneka jajanan pasar yang dimilikinya misalnya, Dua makanan Cemilan Tradisional Indonesia rasa manis ini yang memang selalu ada di mana – mana. Jajanan pasar merupakan penganan yang biasa dibeli dari pasar tradisional. Jenisnya pun beragam, mulai dari yang rasanya manis hingga gurih. Namun kali ini dua jenis makanan atau cemilan yang dikenal se-antera Nusantara adalah makanan manis seperti berikut ini.

1. Kue Klepon

cemilan tradisional Indonesia
cemilan tradisional Indonesia

Klepon kadang juga disebut onde-onde manis. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah di dalamnya lalu direbus dalam air mendidih. Klepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga klepon nampak berbalur parutan kelapa. Biasanya klepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang. Cara membuat kue klepon adalah dengan mencampur tepung beras, tepung ketan, garam, pasta pandan dan air secukupnya. Haluskan gula merah sebagai isian, kemudian ambil adonan secukupnya dan pipihkan, beri isian gula merah dan gulung hingga berbentuk bulat. Masukan kedalam air mendidih sampai matang dan mengambang, tiriskan dan tambahkan parutan kelapa. Kue klepon siap disantap.

2. Onde-onde

Onde-onde
Onde-onde

Onde-onde terbuat dari tepung terigu, kadang juga dibuat dari tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi atau dibalur dengan biji wijen. Terdapat bermacam-macam variasi, yang paling dikenal adalah onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi pasta kacang hijau. Variasi lain hanya dibuat dari tepung terigu dan diberi warna pada permukaannya seperti putih, merah, atau hijau yang dikenal sebagai onde-onde gandum, yang merupakan onde-onde. Sebelum mulai membuat onde-onde anda harus membuat kulit dan isiannya terlebih dahulu. Cara membuat kulitnya adalah dengan mencampurkan bahan-bahan seperti air, garam, tepung beras dan tepung ketan, uleni adonan hingga tidak lengket di tangan. Setelah itu buatlah isiannya dengan mencampurkan Gulaku, garam, vanili dan yang paling penting kacang hijau. Kemudian ambil adonan dan bentuk pipih atau agak cekung untuk tempat isiannya, bentuk menjai bulat dan beri taburan biji wijen. Masukkan onde-onde pada minyak panas dan tunggu hingga warnanya kuning keemasan, tiriskan dan sajikan hangat-hangat.

Demikian ulasan mengenai dua jenis cemilan tradisional Indonesia yang rasanya manis dan selalu disukai.